KELOMPOK JENIS MERANTI/KELOMPOK KOMERSIAL SATU (1)

KELOMPOK JENIS MERANTI/KELOMPOK KOMERSIAL SATU (1)

No

Nama Perdagangan

Nama Daerah

Nama Botanis

Penyebaran

Kegunaan

1.

Agathis

Damar sigi, kayu sigi (Sumatera); damar, kidamar (Jawa); bindang, damar bindang, damar pilau (Kalimantan); dama, damar kapas, damar wana, hulu sinua (Sulawesi); damar puti, damar raja, koano, kolano (Maluku); damar putih, damar papeda, kesi, kosima (Irja)

Agathis sp

Sumatera Barat, Sumatera Utara, seluruh Kalimantan, Jawa Sulawesi, Maluku, Irian Jaya.

Kayu agatis dapat dipakai untuk membuat kotak dan tangkai korek api, potlot, mebel, peti pengepak, alat ukur dan gambar, venir dan kayu lapis, pulp. Dapat juga dipakai sebagai kayu perumahan.

2.

Balau

Damar laut, kedawang, semantok, singkawang (Sumatera); anggelam, balau, bangkirai tanduk, kayu batu, pelepek, tekam (Kalimantan); dama dere, hulo dere, pooti (Sulawesi).

Shorea spp;

Parashorea spp;

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan (Palembang), Jambi, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara

Karena kekuatan dan keawetannya yang tinggi, kayu balau dipergunakan untuk konstruksi berat, terutama jika berhubungan dengan keadaan yang lembab dan berhubungan dengan tanah. Jenis kayu ini antara lain dipergunakan untuk jembatan, bantalan,tiang listrik, lantai, bangunan maritim, perkapalan (antara lain untuk kemudi, pendayung, tiang layar, lunas dan gading-gading), perumahan, karoseri, batang cikar, sumbu gilingan, bahkan dipergunakan juga untuk membuat tong atau jenis wadah lainnya.

3.

Balau Merah

Balau laut, Batu tuyang, damar laut merah, putang, lempung abang

Shorea spp

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan (Palembang), Jambi, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara

Karena kekuatan dan keawetannya yang tinggi, kayu balau dipergunakan untuk konstruksi berat, terutama jika berhubungan dengan keadaan yang lembab dan berhubungan dengan tanah. Jenis kayu ini antara lain dipergunakan untuk jembatan, bantalan,tiang listrik, lantai, bangunan maritim, perkapalan (antara lain untuk kemudi, pendayung, tiang layar, lunas dan gading-gading), perumahan, karoseri, batang cikar, sumbu gilingan, bahkan dipergunakan juga untuk membuat tong atau jenis wadah lainnya.

4.

Bangkirai

Benuas, Balau mata kucing, Hulo dereh, Kerangan, Puguh, Jangkang putih

Shorea laevis Ridl ; Shorea laevifolia Endert; Hopea spp; Shorea kunstleri

Seluruh Kalimantan

Karena kekuatan dan keawetan yang tinggi, kayu bangkirai dipergunakan untuk konstruksi berat dibawah atap maupun ditempat terbuka, antara lain untuk bangunan jembatan, bantalan, tiang listrik, lantai, bangunan maritim, perkapalan, karoseri dan perumahan.

5.

Damar

Damar

Araucaria spp

Maluku, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Irian Jaya

Kayu diklasifikasikan agak kuat namun tidak awet dan tidak tahan terhadap pembusukan. Kayunya terutama digunakan untuk korek api, perabot rumah tangga, vinir bermutu baik, kayu lapis dan pulp. Bagian dalam kulit kayu mengeluarkan resin bening (kopal), yang merupakan bagian penting dalam pembuatan pelitur dan dahulu digunakan dalam pembuatan minyak pelapis lantai dan dapur yang dapat dibersihkan dengan dicuci

6.

Durian

Derian, deureuyan, duriat, tarutung, turian (Sumatera); dian, dhuian, jatu, lampun (Kalimantan); ambetan, duren, durian, kadu (Jawa); dulian, dulianga, duriang, duwuan, hoian, lurian, madue (Sulawesi); dulen, durene, rulen, tureno (Maluku).

Durio carinatus Mast; Durio spp; Coelostegia spp

Seluruh Indonesia

Kayu durian dapat digunakan untuk konstruksi ringan setelah diawetkan. Selain daripada itu baik juga untuk peti, kotak cerutu, kayu lapis, kelom dan mebel murah.

7.

Gia

Delingsem, Kayu batu, Melunas, Kayu kerbau, Momala

Homalium tomentosum (Roxb) Benth, Homalium foetidum (Roxb.) Benth

Seluruh Jawa (tanaman), Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, seluruh Sulawesi, Maluku, lrian Jaya.

Kayu gia digunakan untuk bahan bangunan, tiang, lantai, papan dinding dan mungkin juga untuk mebel. Selain itu dapat juga digunakan untuk bantalan rel kereta api setelah diawetkan.

8.

Giam

Giyam itam, giyam putih, rasak, resak, resak bukit, resak daun lebar, resak linga, resak paya, resak tembaga (Sumatera); awang, damar resak, gagil, resak, resak babalok, resak bukit, resak duren resak durian, resak gunung, resak jawai, resak kecil daun, resak keranji, resak mendawe, resak mentotoh, resak padi, resak tembaga, resak (Kalimantan).

Cotylelobium spp

Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur

Karena keawetan dan kekuatannya tinggi, kayu giam banyak dipergunakan penduduk untuk perumahan, terutama untuk tiang, baik untuk bagian yang di atas maupun di bawah tanah demikian juga dalam air tawar dan air laut. Selain daripada itu dipergunakan juga untuk semua sortimen kayu perkapalan (lunas, gading-gading, papan, pendayung). Kayunya cocok untuk konstruksi berat, pertambangan, lantai, balok-balok kecil pada gerbong, tiang listrik, bantalan, rangka pintu dan jendela.

9.

Jelutung

Anjarutung, gapuk, jalutung, jelutung, jelutung gunung, labuai, lebuai, letung, melabuai, nyalutung, nyulutung, pidoron (Sumatera); jelutung bukit, pantung jarenang, pantung gunung, pantung kapur, pantung tembaga, pulut (Kalimantan).

Dyera spp

Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur.

Kayu jelutung sangat baik untuk cetakan, meja gambar, kelom dan ukiran, dapat juga dipakai sebagai separatator baterai, potlot dan kayu lapis murah.

10.

Kapur

Ampadu, ampalang, awang tanet, bayau, belakan, binderi, empedu, kalampait, kapur, kapur hitam, kapur kedemba, kapur merah, kapur naga, kapur sintuk, kapur tanduk, kapur tulang, kayatan, keladan, melampait, mengkayat, mohoi, muri, serapan, sintok, tulai, wahai (Kalimantan); haburuan, kaberun, kamfer, kuras (Sumatera).

Dryobalanops spp

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan seluruh Kalimantan.

Kayu Dryobalanops aromatica dapat dipakai untuk balok, tiang rusuk dan papan pada bangunan perumahan dan jembatan, serta dapat juga dipakai untuk perkapalan peti (koper), mebel dan juga peti mati. Kayu Dryobalanops lanceolata dan Dryobalanops beccarii dipakai untuk perahu balok, tiang dan konstruksi atap pada bangunan perumahan, juga untuk mebel dan peti (koper). Di Sabah kayu kapur dipakai untuk kayu lapis, konstruksi berat di tempat yang tidak ada serangan rayap yang hebat, lantai, papan ampig, mebel murah, gading-gading dan papan kapal, sirap yang digergaji, karoseri dan peti pengepak untuk barang berat.

11.

Kapur Petanang

Kapur Guras, Petanang, Keladan

Dryobalanops oblongifolia Dyer

Kalimantan Barat, Palembang

Kayu kapur petanang yang keras, awet lagi halus banyak digunakan sebagai bahan bangunan rumah dan dinding bendungan sementara.

Buahnya enak dimakan.

12.

Kenari

Kerantai, Ki tuwak, Binjau, Asam-asam, Kedondong, Resung, Bayung, Ranggorai, Mertukul

Canarium spp, Dacryodes spp, Trioma spp, Santiria spp

Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara

Kayu kenari banyak digunakan untuk bahan bangunan, kayu lapis, lantai, papan dinding, rangka pintu dan jendela.

13.

Keruing

ariung, kayu kawan, kenam, keruing, kayu minyak, lagan, melengkuang (Sumatera); anderi, ansurai, karup, keladan, kerup, ketanggang, tempudau, tempurau (Kalimantan); dermala, jempinang, kawang, klalar, palahlar (Jawa).

Dipterocarpus spp

Seluruh Sumatera, Jawa dan Kalimantan

Kayu keruing cocok untuk konstruksi bangunan, lantai, karoseri (kerangka, lantai dan dinding), bangunan pelabuhan dan bantalan kereta api. Selain daripada itu banyak juga dipakai untuk perkapalan (dek dan kulit tongkang) dan bagian perumahan (balok, tiang, papan dan kerangka atap). Untuk semua penggunaan dimana terdapat serangan jamur, serangga atau binatang laut perusak kayu, kayu keruing harus diawetkan dengan bahan pengawet yang sesuai. Setelah diawetkan kayu keruing baik untuk dipergunakan sebagai bantalan dan tiang listrik.

14.

Kulim

Kayu bawang, kulim, rengon (Sumatera); ansam, bawang, bawang utan, cepeluk, jaui, kasino, kudur, marsindu, merca, madudu, sedau, selaru, seluru, terdu, sinduk (Kalimantan).

Scorodocarpus borneensis Becc

Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan (Palembang), Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur.

Kayu kulim banyak dipergunakan untuk tiang jembatan, bantalan, tiang listrik dan telpon, Junas perahu dan bangunan perumahan (balok, tiang, papan dan lantai).

About this entry

  1. Jual Kayu Bengkirai dan Meranti Sawntimber asal Kalimantan dengan berbagai macam ukuran. untuk info lebih lanjut silahkan hubungi 08123292117

Poskan Komentar

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008