KELOMPOK JENIS MERANTI/KELOMPOK KOMERSIAL SATU (1)

KELOMPOK JENIS MERANTI/KELOMPOK KOMERSIAL SATU (1)

No

Nama Perdagangan

Nama Daerah

Nama Botanis

Penyebaran

Kegunaan

1.

Agathis

Damar sigi, kayu sigi (Sumatera); damar, kidamar (Jawa); bindang, damar bindang, damar pilau (Kalimantan); dama, damar kapas, damar wana, hulu sinua (Sulawesi); damar puti, damar raja, koano, kolano (Maluku); damar putih, damar papeda, kesi, kosima (Irja)

Agathis sp

Sumatera Barat, Sumatera Utara, seluruh Kalimantan, Jawa Sulawesi, Maluku, Irian Jaya.

Kayu agatis dapat dipakai untuk membuat kotak dan tangkai korek api, potlot, mebel, peti pengepak, alat ukur dan gambar, venir dan kayu lapis, pulp. Dapat juga dipakai sebagai kayu perumahan.

2.

Balau

Damar laut, kedawang, semantok, singkawang (Sumatera); anggelam, balau, bangkirai tanduk, kayu batu, pelepek, tekam (Kalimantan); dama dere, hulo dere, pooti (Sulawesi).

Shorea spp;

Parashorea spp;

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan (Palembang), Jambi, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara

Karena kekuatan dan keawetannya yang tinggi, kayu balau dipergunakan untuk konstruksi berat, terutama jika berhubungan dengan keadaan yang lembab dan berhubungan dengan tanah. Jenis kayu ini antara lain dipergunakan untuk jembatan, bantalan,tiang listrik, lantai, bangunan maritim, perkapalan (antara lain untuk kemudi, pendayung, tiang layar, lunas dan gading-gading), perumahan, karoseri, batang cikar, sumbu gilingan, bahkan dipergunakan juga untuk membuat tong atau jenis wadah lainnya.

3.

Balau Merah

Balau laut, Batu tuyang, damar laut merah, putang, lempung abang

Shorea spp

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan (Palembang), Jambi, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara

Karena kekuatan dan keawetannya yang tinggi, kayu balau dipergunakan untuk konstruksi berat, terutama jika berhubungan dengan keadaan yang lembab dan berhubungan dengan tanah. Jenis kayu ini antara lain dipergunakan untuk jembatan, bantalan,tiang listrik, lantai, bangunan maritim, perkapalan (antara lain untuk kemudi, pendayung, tiang layar, lunas dan gading-gading), perumahan, karoseri, batang cikar, sumbu gilingan, bahkan dipergunakan juga untuk membuat tong atau jenis wadah lainnya.

4.

Bangkirai

Benuas, Balau mata kucing, Hulo dereh, Kerangan, Puguh, Jangkang putih

Shorea laevis Ridl ; Shorea laevifolia Endert; Hopea spp; Shorea kunstleri

Seluruh Kalimantan

Karena kekuatan dan keawetan yang tinggi, kayu bangkirai dipergunakan untuk konstruksi berat dibawah atap maupun ditempat terbuka, antara lain untuk bangunan jembatan, bantalan, tiang listrik, lantai, bangunan maritim, perkapalan, karoseri dan perumahan.

5.

Damar

Damar

Araucaria spp

Maluku, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Irian Jaya

Kayu diklasifikasikan agak kuat namun tidak awet dan tidak tahan terhadap pembusukan. Kayunya terutama digunakan untuk korek api, perabot rumah tangga, vinir bermutu baik, kayu lapis dan pulp. Bagian dalam kulit kayu mengeluarkan resin bening (kopal), yang merupakan bagian penting dalam pembuatan pelitur dan dahulu digunakan dalam pembuatan minyak pelapis lantai dan dapur yang dapat dibersihkan dengan dicuci

6.

Durian

Derian, deureuyan, duriat, tarutung, turian (Sumatera); dian, dhuian, jatu, lampun (Kalimantan); ambetan, duren, durian, kadu (Jawa); dulian, dulianga, duriang, duwuan, hoian, lurian, madue (Sulawesi); dulen, durene, rulen, tureno (Maluku).

Durio carinatus Mast; Durio spp; Coelostegia spp

Seluruh Indonesia

Kayu durian dapat digunakan untuk konstruksi ringan setelah diawetkan. Selain daripada itu baik juga untuk peti, kotak cerutu, kayu lapis, kelom dan mebel murah.

7.

Gia

Delingsem, Kayu batu, Melunas, Kayu kerbau, Momala

Homalium tomentosum (Roxb) Benth, Homalium foetidum (Roxb.) Benth

Seluruh Jawa (tanaman), Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, seluruh Sulawesi, Maluku, lrian Jaya.

Kayu gia digunakan untuk bahan bangunan, tiang, lantai, papan dinding dan mungkin juga untuk mebel. Selain itu dapat juga digunakan untuk bantalan rel kereta api setelah diawetkan.

8.

Giam

Giyam itam, giyam putih, rasak, resak, resak bukit, resak daun lebar, resak linga, resak paya, resak tembaga (Sumatera); awang, damar resak, gagil, resak, resak babalok, resak bukit, resak duren resak durian, resak gunung, resak jawai, resak kecil daun, resak keranji, resak mendawe, resak mentotoh, resak padi, resak tembaga, resak (Kalimantan).

Cotylelobium spp

Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur

Karena keawetan dan kekuatannya tinggi, kayu giam banyak dipergunakan penduduk untuk perumahan, terutama untuk tiang, baik untuk bagian yang di atas maupun di bawah tanah demikian juga dalam air tawar dan air laut. Selain daripada itu dipergunakan juga untuk semua sortimen kayu perkapalan (lunas, gading-gading, papan, pendayung). Kayunya cocok untuk konstruksi berat, pertambangan, lantai, balok-balok kecil pada gerbong, tiang listrik, bantalan, rangka pintu dan jendela.

9.

Jelutung

Anjarutung, gapuk, jalutung, jelutung, jelutung gunung, labuai, lebuai, letung, melabuai, nyalutung, nyulutung, pidoron (Sumatera); jelutung bukit, pantung jarenang, pantung gunung, pantung kapur, pantung tembaga, pulut (Kalimantan).

Dyera spp

Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur.

Kayu jelutung sangat baik untuk cetakan, meja gambar, kelom dan ukiran, dapat juga dipakai sebagai separatator baterai, potlot dan kayu lapis murah.

10.

Kapur

Ampadu, ampalang, awang tanet, bayau, belakan, binderi, empedu, kalampait, kapur, kapur hitam, kapur kedemba, kapur merah, kapur naga, kapur sintuk, kapur tanduk, kapur tulang, kayatan, keladan, melampait, mengkayat, mohoi, muri, serapan, sintok, tulai, wahai (Kalimantan); haburuan, kaberun, kamfer, kuras (Sumatera).

Dryobalanops spp

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan seluruh Kalimantan.

Kayu Dryobalanops aromatica dapat dipakai untuk balok, tiang rusuk dan papan pada bangunan perumahan dan jembatan, serta dapat juga dipakai untuk perkapalan peti (koper), mebel dan juga peti mati. Kayu Dryobalanops lanceolata dan Dryobalanops beccarii dipakai untuk perahu balok, tiang dan konstruksi atap pada bangunan perumahan, juga untuk mebel dan peti (koper). Di Sabah kayu kapur dipakai untuk kayu lapis, konstruksi berat di tempat yang tidak ada serangan rayap yang hebat, lantai, papan ampig, mebel murah, gading-gading dan papan kapal, sirap yang digergaji, karoseri dan peti pengepak untuk barang berat.

11.

Kapur Petanang

Kapur Guras, Petanang, Keladan

Dryobalanops oblongifolia Dyer

Kalimantan Barat, Palembang

Kayu kapur petanang yang keras, awet lagi halus banyak digunakan sebagai bahan bangunan rumah dan dinding bendungan sementara.

Buahnya enak dimakan.

12.

Kenari

Kerantai, Ki tuwak, Binjau, Asam-asam, Kedondong, Resung, Bayung, Ranggorai, Mertukul

Canarium spp, Dacryodes spp, Trioma spp, Santiria spp

Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara

Kayu kenari banyak digunakan untuk bahan bangunan, kayu lapis, lantai, papan dinding, rangka pintu dan jendela.

13.

Keruing

ariung, kayu kawan, kenam, keruing, kayu minyak, lagan, melengkuang (Sumatera); anderi, ansurai, karup, keladan, kerup, ketanggang, tempudau, tempurau (Kalimantan); dermala, jempinang, kawang, klalar, palahlar (Jawa).

Dipterocarpus spp

Seluruh Sumatera, Jawa dan Kalimantan

Kayu keruing cocok untuk konstruksi bangunan, lantai, karoseri (kerangka, lantai dan dinding), bangunan pelabuhan dan bantalan kereta api. Selain daripada itu banyak juga dipakai untuk perkapalan (dek dan kulit tongkang) dan bagian perumahan (balok, tiang, papan dan kerangka atap). Untuk semua penggunaan dimana terdapat serangan jamur, serangga atau binatang laut perusak kayu, kayu keruing harus diawetkan dengan bahan pengawet yang sesuai. Setelah diawetkan kayu keruing baik untuk dipergunakan sebagai bantalan dan tiang listrik.

14.

Kulim

Kayu bawang, kulim, rengon (Sumatera); ansam, bawang, bawang utan, cepeluk, jaui, kasino, kudur, marsindu, merca, madudu, sedau, selaru, seluru, terdu, sinduk (Kalimantan).

Scorodocarpus borneensis Becc

Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan (Palembang), Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur.

Kayu kulim banyak dipergunakan untuk tiang jembatan, bantalan, tiang listrik dan telpon, Junas perahu dan bangunan perumahan (balok, tiang, papan dan lantai).

About this entry

  1. Jual Kayu Bengkirai dan Meranti Sawntimber asal Kalimantan dengan berbagai macam ukuran. untuk info lebih lanjut silahkan hubungi 08123292117

  2. Jual kayu hutan campuran (duren, plajau, cimpedak(tilap), meranti, bayur, binuang, terantang DLL

    Ukuran
    10/20/4
    6/25/4
    6/20/4
    6/15/4
    6/12/4
    5/7/4
    4/6/4
    3/5/4
    2/3/4

    Posisi pabrik dibanjarmasin
    Pengiriman via fuso dan container

    Hub : 081349519959
    An. Akhmad mukminin

  3. Jual kayu hutan campuran (duren, plajau, cimpedak(tilap), meranti, bayur, binuang, terantang DLL

    Ukuran
    10/20/4
    6/25/4
    6/20/4
    6/15/4
    6/12/4
    5/7/4
    4/6/4
    3/5/4
    2/3/4

    Posisi pabrik dibanjarmasin
    Pengiriman via fuso dan container

    Hub : 081349519959
    An. Akhmad mukminin

  4. pt.smak corporation, jual kayu Log(fresh cut), jual borong semua kelompok meranti dan kelompok rimba campuran sumatra,(Legalitas Lengkap), diameter 20-up, 30-up dan 40-up; ready stock volume; 60.000m3 Log, volume 5000m3/bulan di Logpond - kabupaten dharmasraya, sumatra barat, hub.082284756789 & smak.corporation@gmail.com, siapa cepat dia dapat semua.

  5. Jual kusen pintu dan jendela dari kayu ulin, benuas balau, pelepek, meranti batu, meranti campuran bisa dikirim dari alamat kami di Kalteng ke berbagai daerah 085822983471

  6. SAYA MAS ANTO DARI JAWAH TENGAH.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI BODAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI BODAS DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI BODAS…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI BODAS<=…
    >>>085-320-279-333<<<






    SAYA MAS ANTO DARI JAWAH TENGAH.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI BODAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI BODAS DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI BODAS…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI BODAS<=…
    >>>085-320-279-333<<<

  7. Kami PT yang eksis saat ini pada industri kayu di Kalimantan timur menawarkan kepada investor/buyer for B2B yang berminat menerima suplay jangka panjang dan menengah berbagai bentuk kayu jadi/masak, dari kelompok jenis komersial satu (meranti) dan kelompok jenis komersial dua (rimba campuran)..

    Kontak : 6282150599376 (kiswanto)
    Email : Iijimae43@gmail.com

Posting Komentar

 

About me | Author Contact | Powered By Blogspot | © Copyright  2008